Bunda Cekatan IIP

Peta Belajar Kamonesan Family

Peta Belajar Kamonesan Family

Bismillah.

Memetakan yang benar-benar harus direngkuh dalam waktu dekat. Saya namakan proyek ini dengan judul “Kamonesan Family”. Kamonesan dalam Bahasa Sunda berarti “keterampilan”. Atau kalau dalam puisi akrostik versi saya sebagai berikut. 😅

K : Kebahagiaan

A : Akan

M : Memancar

O : Oleh

N : Naluri

E : Empati

S : Saat

A : Amalkan

N : Nilai Kehidupan

Topik utama dalam peta belajar saya meliputi 3 hal penting yaitu :

1. Family Time Berkualitas

2. Manajemen Energi

3. Keterampilan Menjahit

Ada sesal mendalam ketika saya menghabiskan hari-hari dalam rutinitas tanpa momen bermakna bersama keluarga. Berada dalam atap yang sama tapi saling tak peduli. Ayah sibuk dengan tugasnya, bunda lelah karena mengajar seharian, dan anak yang sering menagih kebersamaan. Ya, bahasanya menagih seperti halnya sesuatu yang berat untuk diberi. Padahal sejatinya kebersamaan adalah sesuatu yang diupayakan. Diperjuangkan hari ke hari. Apapun kondisi keluarga.

Anak hanya tahu ayah dan bundanya harus siap sedia menjawab ketika banyak tanya terucap. Rasa ingin tahu yang kadang tak disambut dengan antusiasme orangtua. Antusiasme habis karena sisa energi yang terkuras dalam rutinitas. Untuk itulah saya mengambil keterampilan “Manajeman Energi” sebagai batu loncatan memperbaiki pola hidup. Ada yang keliru jika saya selalu kelelahan di awal hari Senin. Saya mencoba untuk menyeimbangkan proporsi dalam asupan nutrisi, kegiatan fisik, sekaligus amunisi ilmu pengembangan diri. Bisa jadi ada emosi yang terpendam dalam lelah. Tak bisa fokus dalam berkarya karena terkurung dalam keluh.

Sedangkan keterampilan jahit sebagai kebutuhan untuk memberdayakan kain yang tahun-tahun lalu dibeli tapi tak sempat ditindaklanjuti. Hanya tertimbun karena mengikuti selera belanja sambil-lalu.

Peta Belajar ini sebagai ikhtiar diri memperbaiki apa keterampilan yang harus diasah dan dilatih secara kontinu. Agar bahagia memancar dari kegiatan bermakna yang disyukuri meski sederhana.

Amazing with Visual Creations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *