Bunda Cekatan IIP

Jurnal#6 : Berbagi Hadiah

Bismillah.

Maasya Allah walhamdulillah. Pekan ini bertabur hadiah bermakna dari kawan-kawan seperjuangan di Bunda Cekatan.

Berbagi Hadiah di Pekan Ulat ke 6 Bunda Cekatan Insitut Ibu Profesional

Hadiah-hadiah di atas menjadi makanan bergizi untuk mindmap saya yang meliputi ilmu komunikasi dan manajemen energi. Ada juga DKV yang disuguhkan Mba Rena Nurul Ummah karena basic saya yang suka dengan komunikasi visual.

Yang Membuat Bahagia Ingin Memberikan Hadiah

Kawan-kawan yang saya temukan selama camping ground kemarin ada 27 orang, namun ada beberapa yang benar-benar klik di hati. Ini berkaitan dengan proses interaksi yang mengalir secara personal di Messenger FB dan Whatsapp.

Teman-teman yang saya pilih yaitu :

  1. Rena Nurul Ummah. Saya salut pada semangatnya menggali ilmu parenting meski belum dikaruniai buah hati. Betapa ilmu mendidik anak begitu diperlukan agar lebih siap menjadi ibu sebagai madrasah pertama.
  2. Satywati Michellia Champaka. Bunda yang semangat belajar doodle berbagai genre (manual dan digital) juga punya strong why keren di keluarga design art.
  3. Rati Rahmawati. Ketertarikannya pada doodle dan belajar mencatat ilmu ala literasi visual.
  4. Garnis Trisnawati. Obrolan yang mengalir tentang suka duka belajar di Buncek.
  5. Nurul Fitriyah. Yang kasih kutipan berenergi dari kata-kata Mas Elan kepada Bu Septi, “Tidak ada orang yang salah jurusan, yang ada hanyalah mereka belum menemukan momen yang pas untuk mengaplikasikannya.”
  6. Azizah. Kenal lebih dekat karena tahu dari Doodle.
  7. Winny Liana Sari. Memberi referensi berharga tentang keluarga manajemen emosi.
  8. Depi. Kawan Buncek yang sama-sama berperan sebagai pendidik.

Prepare dan Mengemas Hadiah

Ini bagian paling mendebarkan sebenarnya. Saya mencoba scroll percakapan dengan kawan-kawan di atas tadi dan coba memetakan mana yang bisa saya racik sendiri atau menyiapkan makanan jadi. Nah, akhirnya ada 3 doodle yang saya buat meliputi 3 tema. Yaitu 1) Ibu Madrasah Pertama dengan menyertakan link video dari Youtube, 2) Kenali DNA Doodle-Mu! dengan mengirim artikel dari blog pribadi dan ilustrasi doodle digital, dan 3) Infodoodle Mindfulness dengan referensi e-book dari Ipusnas. Karena ada 8 teman yang memiliki kesukaan yang sama, saya mengirim hadiah nomor 3 ke beberapa teman yang punya basic manajemen emosi.

Momen Berbagi Hadiah

“Bahagia!” Itu kesan bermakna begitu membaca feedback teman-teman yang dikirim hadiah. Saling berkirim hadiah memang dasarnya membangun hubungan yang lebih dari sekadar formalitas. Emoticon berbinar menghiasi layar ponsel.

Ada teman yang bahkan jadi menanyakan begini, “Terharuuunya dpt hadiah dr mba Wilda. Sayang sy blm punya hadiah ini mba.. Mba wilda sedang butuh ttg apa? Biar sy upayakan hadiah sesuai dgn kebutuhan mba Wilda..” Sungguh, saya malah lebih bahagia jika tak mengharapkan apa-apa. Eh ternyata 3 jam kemudian saya dapat hadiah keren berupa doodle dengan testimoni jadi makin semangat belajar corat coret.

Lalu apa yang kita terima sebagai hadiah,

Yang Diterima Sebagai Hadiah

  • Psikologi Komunikasi dalam Islam dari Mbak Satya. https://www.slideshare.net/mobile/FollyAkbar/komunikasi-islami
  • Adab Berbicara dalam Islam dari Mbak Satya. https://www.slideshare.net/mobile/SalmaBanin1/adab-berbicara-dalam-islam
Adab Berbicara by Mbak Satya

Setelah Give & Given

Saya baru sadar kalau saya lebih banyak menerima dibanding memberi. Hiks… Masih belum maksimal memberi. Hadiah-hadiah yang saya terima di atas menjadi amanah berharga untuk di-follow up. Hadiah yang bukan sekadar diterima lalu selesai namun menjadi makanan berharga yang harus diselami. Perlu bikin timeline pencapaian belajar nih. ^_^

Ada rasa haru, bahagia, dan kagum pada teman-teman yang mau berbagi makanan yang kita suka sekaligus mengemas hadiah yang bikin berbinar. Ya, ala doodle. Itu membuat saya semakin semangat berkarya karena ada sahabat doodler seperjuangan yang sama-sama belajar berliterasi visual.

Amazing with Visual Creations

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *